Rasanya Training di Swiss-belHotel Mangga Besar di Musim Covid - YUDA MUKTI BLOG
News Update
Loading...

Thursday, February 11, 2021

Rasanya Training di Swiss-belHotel Mangga Besar di Musim Covid

Swiss-belHotel Mangga Besar Jakarta 
Udah hampir satu bulan aja nih training di hotel ini. Salah satu hotel bintang 4 internasional di Jakarta yang udah buka cabang dimana-mana. Pengen sedikit flashback lagi diawal masuk training di tanggal 12 januari 2021, emang bukan 2020 lagi, tapi aku ga boong musim covid di Jakarta masih belum kelar. Banyak hotel di Jakarta dibuat hampir gulung tikar sama si covid. Phk besar-besaran jadi pilihan berat buat hotel biar usahanya tetep jalan. Pertama masuk hotel ini hawanya emang udah kerasa sepi, karyawan sedikit tamunya apalagi. Dari 245 kamar hotel cuma diisi sama tenaga kesehatan sekitar 150 orang yang lagi diisolasi di hotel ini selama 6 bulan. 

Walaupun masa-masa sekarang hotel emang lagi pada sepi, tapi hotel ini belum bisa dibilang sepi-sepi amat. Di bulan januari aja seenggaknya ada dua event dalam seminggu entah itu event lamaran (sangjit) atau wedding. Belum lagi kalo ada acara meeting duh tenaga langsung kek diperes habis-habisan karena aku emang kerja diposisi fbs (food & beverage service). Kerja 11 jam dari jam 5 subuh sampe jam 6 sore bikin cape banget ditambah lagi tingkah atasan yang suka ngeselin, kadang tukang marah-marah buat aku pulang ke kosan jadi cape badan juga pusing pikiran. Sampe akhirnya aku KO di hari ketiga training karena kecapean, juga mungkin karena belum terbiasa kerja berat. 

Hari besoknya udah mulai kerja lagi dan aku udah mulai tahan banting, dapet komplain dari tamu ya didengerin, dimarahin supervisor juga ya didengerin. Kerja di perhotelan emang enak sama enggaknya fifty fifty. Kalo lagi sibuk ya capenya banget tapi kalo lagi sepi ya kerja santai banget. Training disini udah banyak yang aku kerjaiin dari mulai room service sampe kerja di banquet yang rasanya setara nguli sehari. Duit 32 ribu jadi tip pertamaku di room service. Encok pinggang jadi hasil kerja pertamaku di banquet. 
Banquet Lavender
Jujur staf dihotel ini baik semua, training satu bulan disini belum nemuin staf yang kalo disapa mereka ga jawab. Karna kan mereka kerja di hospitality, yang artinya industri keramah-tamahan. Jadi gak heran kalo staf di hotel ini pada ramah walaupun mereka cuman sekedar room boy yang notabene cuma kerja ngerapikan kamar doang dan jarang ketemu tamu. Salut pokoknya sama semua anak hotelier.

Btw, kalo lagi sepi event aku lebih sering kerja di room service sama di bar. Karna hotel ini ada yang namanya Joe's Grill (biasa disebut JG), bar kecil yang biasa dipake buat makan dan minum santai. 
Joe's Grill

Smoking area di Joe's Grill
Tapi taulah ya kondisi pandemi sekarang ini buat usaha apapun jadi macet termasuk Joe's Grill apalagi kan Jakarta sering banget psbb. Jadi yang kuliat JG ini paling mentok diisi 10 orang aja sehari. 

Bukan cuma Joe's Grill disini sebetulnya juga punya satu resto kece namanya Swiss Cafe tapi masih ditutup udah berbulan-bulan because of covid. Semua orang kangen Swiss Cafe :'( gimana enggak kangen coba, Supervisorku namanya ka Nia bilang kalo resto ini terakhir dibuka bulan desember 2019. Parah banget udah satu tahun lebih berarti ini resto ditutup gegara covid yang masih aja panjang umur.
Swiss-Cafe
Lanjut... bulan januari udah habis. Tepatnya hari sabtu tanggal 6 februari, hotel ngadain rapid test antigen massal. Hasilnya apa? banyak staf dari mulai concierge, kitchen, fb, sampe security dituduh diserang covid walaupun hasil tes baru fifty fifty. Total mereka ada belasan orang termasuk aku yang juga kena. Karna tenaga kesehatan masih ragu, kita dapet jatah tes rapid sampe dua kali dan hasil tesnya muncul dihari senin sore yang menyatakan kita semua + covid. Walaupun sebenernya kita semua ga ngerasain gejala apapun, nyoba mikir positif aja mungkin virusnya masih reaktif. Akhirnya pihak hotel ngeliburin kita semua buat isolasi mandiri di rumah selama 14 hari. 



Share with your friends

Add your opinion
Disqus comments
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done