Manfaat dan Tips Manajemen Waktu yang Baik - YUDA MUKTI BLOG
News Update
Loading...

Monday, March 22, 2021

Manfaat dan Tips Manajemen Waktu yang Baik


Dalam sehari kita punya waktu 24 jam untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Cukup banyak bukan? Namun permasalahannya adalah tidak semua individu menghabiskan waktunya dengan efektif. Sebagian orang sering membuang-buang waktu mereka pada hal-hal yang mungkin tidak ada gunanya. Oleh karena itu, skill manajemen waktu yang baik menjadi sangat penting agar hidup kita semakin terarah dan memiliki tujuan target yang jelas. 

Waktu yang dikelola dengan baik pastinya akan sangat bermanfaat bagi para pelakunya seperti meningkatkan kinerja dan produktivitas karena kita mampu melakukan banyak hal dengan produktif. Jadi jangan pernah heran bahwa orang sukses dan kaya adalah orang mampu memanage waktunya dengan sebaik mungkin. Sebuah kemustahilan bagi  orang-orang seperti mereka untuk memiliki sifat malas terutama dalam bekerja layaknya kita. 

Kebiasaan menunda-nunda harus segera kita tinggalkan mulai dari sekarang jika memang kita ingin memliki hidup yang rapih dan juga terencana. Lalu, munculah pertanyaan, bagaimana cara kita melakukan manajemen waktu yang baik? Sebenarnya time management sama artinya kita membuat to do list atau hal-hal positif apa saja yang akan kita kerjakan. Hal-hal tersebut contohnya adalah yang menyangkut pekerjaan atau sekedar hobi. Namun, yang perlu diingat adalah kita harus dapat mengatur waktu, mana hal yang harus dikerjakan terlebih dulu dan mana hal yang bisa dikerjakan nanti. Yang pertama dan yang paling utama tentunya adalah hal yang menjadi prioritas atau urgent. Setelahnya kita bisa menghabiskan waktu dengan kesenangan sebagai cara kita untuk refreshing. 

Manfaat Memiliki Manajemen Waktu yang Baik

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari manajemen waktu versi saya bagi kehidupan seseorang.

1. Hidup menjadi teratur 
Adanya to do list membuat kita tidak lagi bingung akan hal apa saja yang ingin kita kerjakan. To do list diibaratkan sebuah jadwal. Orang yang berhasil menyelesaikan jadwal akan merasa bangga akan hal itu karena sejatinya mereka telah menyelesaikan kewajiban dengan tuntas. 

2. Memiliki banyak skill
Tidak pernah membuang waktu untuk hal yang sepele melainkan menghabiskan waktu dengan melakoni kegiatan-kegiatan positif tentunya akan membuat kita berpengalaman dalam banyak hal. Banyak hobi sama artinya banyak rezeki jika kita adalah orang yang jago dalam hobi tersebut. Kita juga jelas dapat memiliki karier yang bagus apabila kita expert dalam suatu bidang. 

3. Peluang mencapai target semakin lebar 
Akan semakin besar peluang kita dalam mencapai tujuan yang telah kita rencanakan jauh-jauh hari karena kita mengeluarkan usaha yang lebih dengan menghabiskan waktu secara efektif dan produktif.


Tips Manajemen Waktu yang Baik

Tips berikut saya dedikasikan untuk kita semua karena sejatinya kita termasuk saya adalah manusia yang perlu terus berkembang. 

1. Manage diri kita sendiri
Mengatur diri kita adalah hal pertama yang perlu kita lakukan. Perubahan yang sukses ialah perubahan yang berawal dari hal kecil ke hal yang besar bukan sebaliknya. Jadi lakukanlah kegiatan postif setiap harinya dengan konsisten dan jangka panjang. 

Contoh sederhananya begini: 
Dibandingkan dengan rebahan yang tak berujung di minggu pagi lebih baik kita berolahraga agar badan menjadi sehat. Sesimple itu... 

2. Buat plan ke depan
Seperti yang sudah saya katakan diawal dalam manajemen waktu yang baik dibutuhkan suatu perencanaan dengan membuat to do list agar kita tidak bingung lagi dengan hal apa saja yang perlu dikerjakan. 

3. Bijak dalam mengutamakan tugas
Kita harus mengerti mana tugas prioritas dan tugas yang bersifat urgent.

Sebagai contoh melihat tugas harian kita:
  • Penting dan mendesak, segeralah selesaikan tugas ini. 
  • Penting tapi tidak mendesak, ambil keputusan akurat kapan tugas ini akan diselesaikan. 
  • Tidak penting dan tidak mendesak, kesampingkan tugas semacam ini untuk diselesaikan di lain waktu. 

4. Buat Deadline
Dengan memberikan deadline pada tugas akan membuat kita menjadi lebih fokus saat mengerjakannya. 


Kesimpulan
Bukanlah perkara mudah membangun manajemen waktu yang baik. Dibutuhkan waktu dan usaha lebih yang tentunya harus konsisten dilakukan. Percayai prosesnya niscaya kita akan menjadi pribadi yang disiplin dan bertanggung jawab atas tugas yang kita emban. 

Share with your friends

Add your opinion
Disqus comments
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done