Banyak Manfaatnya. Ini 6 Keuntungan Memiliki Blog - YUDA MUKTI BLOG
News Update
Loading...

Sunday, April 4, 2021

Banyak Manfaatnya. Ini 6 Keuntungan Memiliki Blog

Di era serba digital saat ini, ngeblog bukan lagi hal yang asing. Banyak orang yang telah memiliki blog, karena memang dalam proses pembuatan sebuah blog tidak membutuhkan batas usia. Siapapun dapat membuat blognya sendiri dan mengisinya dengan konten-konten yang mereka sukai. Saat ini kebanyakan orang yang memiliki blog adalah anak muda seperti mahasiswa atau anak SMA. Blog bisa digunakan sebagai media informasi ataupun penyalur hobi untuk kamu yang hobi menulis. Namun, ada beberapa manfaat lain dari memiliki blog yang jarang kita ketahui. 


1. Mengembangkan keterampilan menulis

Mengelola sebuah blog bukan hanya mengurus tampilannya saja atau yang lainnya. Sebuah blog harus diisi dengan konten-konten positif yang tentunya dibutuhkan oleh pembaca sehingga blog dapat berkembang dan mendapat sumber trafik. Asal kamu tau, tidak semua orang memiliki kemampuan untuk menulis. Dalam menulis sebuah artikel di blog dibutuhkan skill dari penulisnya karena menulis memang memerlukan imajinasi yang keren serta pemahaman tentang SEO agar konten terlihat unik juga mendapat peringkat teratas pada mesin pencari. Menulis bisa melatih seni berpikir kamu karena setiap tulisan yang kamu publish dengan rutin setiap harinya akan bertambah baik pula kualitasnya. Oleh karena itu kamu akan semakin expert dan ide yang kamu tuangkan dalam tulisannmu menjadi Out of The Box.


2. Menambah relasi 

Jika kamu merasa menulis adalah sebuah hobi tentu akan sangat menyenangkan sekali dimana sebuah blog dikelola dengan sepenuh hati oleh kamu sebagai authornya. Di era sekarang ini, tidak ada batasan untuk bisa memiliki blog atau website. Banyak sekali orang yang telah memiliki blog terutama mahasiswa khususnya kaum milenial. Oleh karena itu, untuk kamu yang ingin mempelajari dunia blogging lebih dalam, kamu bisa membuat jaringan pertemanan antar sesama blogger lewat grub blogger yang ada di sosial media atau grub blogger pada platform chat seperti whatsapp atau telegram. Disitulah kamu bisa belajar dari mastahnya.


3. Mendapat banyak insight baru

Bagi pemula maupun mastah, memiliki dan mengelola sebuah blog adalah cara mereka agar bisa mendapatkan banyak insight baru. Sumbernya banyak, bisa berasal dari teman sesama blogger ataupun dari tulisan yang telah kamu publish sendiri berupa ilmu dan pengalaman serta pemahaman tentang dunia blogging. Ini adalah salah satu dari sekian banyak manfaat ngeblog yang paling terasa bagi para blogger termasuk saya.


4. Paham teknologi 

Sebagai seorang penulis blog pastinya kamu tidak hanya mempublish artikel saja melainkan juga mengoperasikan fitur-fitur yang ada pada platform blogging yang kamu pakai. Seiring berjalannya waktu kamu akan mengerti bagaimana caranya mengatur tampilan, sidebar, atau menulis artikel yang SEO. Kalian juga akan mengenal fitur lain seperti Google Analystic. 


5. Mendapatkan penghasilan 

Di zaman teknologi yang sedang canggih-canggihnya saat ini, menghasilkan pundi-pundi rupiah lewat internet banyak sekali caranya. Melalui sebuah blog kamu bisa mendapatkan uang. Dari berbagai sumber yang saya dapatkan di grup blogger, beberapa mastah di grup tersebut telah menjadikan ngeblog sebagai pekerjaan utama mereka karena penghasilannya lumayan besar. Kebanyakan mereka mendapat penghasilan dari sebuah blog melalui situs-situs penyedia iklan seperti Google Adsense, MGID, dll. 


6. Membangun personal branding 

Jika kamu tertarik pada dunia blogging dan ingin terus mendalaminya dengan serius niscaya kamu akan menjadi penulis yang hebat. Manfaat ngeblog yang terakhir ini adalah kamu dapat membangun personal branding dengan blog yang kamu kembangkan. Artikel unik yang kamu tulis sesuai topik yang kamu kuasai akan semakin mengembangkan personal branding kamu dan blog yang kamu kelola akan mendapat banyak sumber trafik dari pembaca yang memang membutuhkan kontenmu. Jadi, kamu akan memiliki brand sendiri dengan tulisan unik, fresh, dan mencerminkan jati diri kamu lewat nama domain yang kamu pakai.

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat memiliki blog, namun kita tidak menyadarinya. Yang saya sebutkan diatas adalah  manfaat memiliki blog yang umum dirasakan oleh banyak para blogger termasuk saya sendiri. Oleh karena itu, kamu sebagai penulis blog harus tetap semangat untuk mengembangkan blog yang kamu miliki karena manfaatnya akan terus mengalir pada diri kamu.

Share with your friends

Add your opinion
Disqus comments
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done