Perbedaan Umum Espresso, Cappuccino, dan Mochaccino - YUDA MUKTI BLOG
News Update
Loading...

Wednesday, December 9, 2020

Perbedaan Umum Espresso, Cappuccino, dan Mochaccino

Espresso 
Espresso dikenal orang sebagai kopi yang pekat, berwarna hitam serta rasanya yang pahit. Espresso adalah kopi murni tanpa campuran apapun sehingga rasa dan aroma kopi ini kuat. 
Penyajiannya pun menggunakan cangkir kecil yang disebut shot. Ada empat jenis takaran porsi untuk mengonsumsi espresso, yakni ristretto, single shot, lungo, dan double shot.

Cappuccino 
Cappuccino adalah kopi yang paling populer di Italia dikarenakan rasanya yang tidak sepahit espresso sehingga disukai banyak orang. Cappuccino berbahan dasar atas campuran espresso dan susu. 

Mochaccino
Sama seperti cappuccino, mochaccino memiliki campuran bahan yang sama yaitu espresso dan susu. Hanya saja terdapat tambahan cokelat pada mochaccino dengan takaran 2/5 cokelat, 2/5 espresso, 1/5 susu cair.

Bisa dibilang, mochaccino adalah cappuccino yang ditambah cokelat. Kopi jenis ini biasanya dinikmati oleh orang Italia dengan tambahan sambuca, yaitu sejenis minuman beralkohol dengan 3 biji kopi mengambang di atasnya. Namun dibalik itu mochaccino termasuk minuman yang mengandung banyak kalori karena kandungan susu dan cokelat yang ada di dalamnya. 

Share with your friends

Add your opinion
Disqus comments
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done