Pengalaman Ngeblog Dari Nol Sampai Di Approve Google Adsense, Seneng Banget - YUDA MUKTI BLOG
News Update
Loading...

Tuesday, June 22, 2021

Pengalaman Ngeblog Dari Nol Sampai Di Approve Google Adsense, Seneng Banget


Dalam dunia blogging, saya termasuk orang yang awam dan belum sepenuhnya mengerti dalam mengelola sebuah blog. Sedikit flashback, saya membuat blog dan mulai mempublish tulisan pertama saya pada bulan Maret 2020 dimana pada saat itu covid 19 sedang memuncak dan menjadi trending berita nomor satu di TV. Back to the story, tujuan saya diawal pembuatan blog adalah sebenarnya karena faktor uang. Tapi, seiring berjalannya waktu saya mengerti kalau mendapatkan penghasilan melalui sebuah blog bukanlah perkara gampang. Diperlukan sebuah usaha dan tekad untuk selalu konsisten menulis agar saya bisa menjadi penulis yang hebat. Sebagai publisher tentunya saya akan selalu berhadapan dengan kompetitor baru mengingat jumlah penulis blog yang kian bertambah setiap tahunnya. Oleh karena itu, saya selalu berusaha untuk menghasilkan tulisan yang fresh dan unik setiap hari. Saya menargetkan minimal ada satu tulisan untuk dipublish setiap minggunya. 

Seperti kebanyakan penulis blog lainnya, bermitra dengan platform penyedia iklan adalah hal yang wajar karena hal ini adalah salah satu cara untuk meraup sumber pendapatan seorang blogger. Itulah yang membuat saya termovitasi dan semangat ngeblog dari dulu sehingga saya terdorong untuk mendaftarkan blog saya ke situs penyedia iklan terbaik, Google Adsense. Sebelum mendaftar ke adsense, saya sudah terlebih dulu mengotak-atik blog saya dari mulai template dan menu navigasi. Dengan beraninya saya mendaftarkan blog yang hanya memiliki 40 artikel dengan visitor yang maksimal hanya 10 perhari ke google adsense waktu itu. Setelah dua hari menunggu hasil review oleh adsense, saya mendapatkan notifikasi email dari Google Adsense yang jawabannya sudah saya duga sebelumnya. Yappp... Blog saya ditolak oleh adsense. 
Saya selalu mengambil hal positif dari kesalahan saya untuk belajar. Tentunya ada alasan kenapa google adsense menolak blog saya ini. Setelah saya buka dashboard adsense saya ternyata LOW VALUE CONTENT adalah sebab ditolaknya blog saya oleh adsense.
Dari keterangan-keterangan itu saya pun beranggapan bahwa tulisan yang saya buat sepi pembaca. Saya pun meminta saran dan tanggapan dari beberapa mastah yang ada pada grub blogger dan inilah beberapa tanggapan dari mereka. 

Dari sekian banyak komentar dari para mastah blogger, saya ambil kesimpulan bahwa blog saya ditolak adsense adalah bukan karena segi konten yang kurang menarik atau faktor visitor yang minim, tapi karena tidak semua tulisan yang saya publish terindex oleh google. Oleh karena itu, banyak tulisan saya yang tidak muncul pada halaman google. Setelah tahu permasalahannya, saya mendaftarkan blog saya ke google webmaster (google seach console) agar proses index artikel menjadi lebih cepat. Saya juga menambah konten blog saya menjadi 71 artikel yang sebelumnya hanya sekitar 40 artikel saja. Saya coba kembali mendaftarkan blog saya ke Google Adsense untuk yang kedua kalinya. Proses review pun berlangsung dan hari ketiga setelah pendaftaran, Ting....notifikasi muncul pada layar hp saya. Dan hasilnya..... Binggo... Blog saya di approve oleh Adsense. (Haha seneng banget)

Share with your friends

Add your opinion
Disqus comments
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done