Tahapan Menjadi Seorang Blogger Khusus Untuk Pemula - YUDA MUKTI BLOG
News Update
Loading...

Tuesday, July 6, 2021

Tahapan Menjadi Seorang Blogger Khusus Untuk Pemula


Belakangan ini, ngeblog bukan lagi aktivitas yang terdengar asing ditelinga. Semua orang dari berbagai kalangan khususnya anak muda millenial sudah memiliki blog sendiri, entah itu blog pribadi atau blog untuk tujuan bisnis.

Melalui sebuah blog, kamu bisa menuangkan karyamu berupa ide dan opini yang dapat dibaca oleh orang lain. Oleh karena itu, kamu akan mendapat banyak keuntungan jika kamu memiliki sebuah blog seperti mendapatkan ilmu dan tentunya penghasilan asalkan kamu konsisten dalam menulis. 

Bagi sebagian orang yang paham tentang dunia blogging, membuat suatu blog adalah hal yang mudah. Tapi, lain halnya jika kamu adalah orang yang awam dan baru saja menginjakkan kaki di dunia blogging, tentu saja kamu akan kesulitan dalam membuat blog seperti saya dulu.

Jika kamu adalah orang yang hobi menulis, sangat disayangkan sekali apabila kamu tidak memiliki sebuah blog untuk menampilkan hasil tulisannmu tersebut untuk dibaca publik. Oleh karena itu, saya ingin membagikan beberapa tahapan agar kamu bisa menjadi seorang blogger.

1. Pilih platform ngeblog yang sesuai 

Hal pertama yang perlu kamu lakukan untuk membuat blog tentu saja memilih platform bloggingnya terlebih dahulu. Pastikan kamu memilih platform blogging yang sesuai dengan kamu.

Apabila kamu adalah seorang yang pemula, maka saya lebih merekomendasikan kamu untuk menggunakan platform blogger ketimbang wordpress karena membuat sebuah blog melalui blogger cukup gampang dan hanya memakan waktu beberapa menit saja. Fitur-fitur yang ada pada blogger pun lebih mudah untuk dioperasikan ketimbang wordpress.

2. Mulai membuat blog 

Setelah kamu memilih platform blogging yang sesuai, selanjutnya kamu bisa membuat blog kamu sendiri. Kamu hanya perlu mendaftar dengan mengikuti tahapan-tahapan yang ada di platform blogging yang kamu pilih.

3. Buat nama domain 

Tahapan dalam membuat blog tentu saja adalah menentukan nama domain. Kamu bisa menggunakan domain TLD (.com, .id, .org) agar blog kamu memiliki rumah secara online.

Yang perlu kamu tau adalah penggunaan domain TLD ini akan memudahkan blog kamu untuk lolos review google adsene. Usahakan kamu memiliki nama blog yang unik agar mudah diingat oleh pembaca. Sebagai contoh, jika blog yang kamu buat bertemakan kesehatan maka kamu bisa memberi nama blog kamu (pengensehat.com).

4. Kreasikan tampilan blog

Setelah blog kamu selesai dibuat. Jangan lupa untuk mengkreasikannya dengan mengkustomisasi tampilannya agar blog kamu terlihat lebih rapi dan menarik. Kamu bisa mengaplikasikan template yang sesuai pada blog kamu. Kamu hanya cukup memakai template bawaan dengan sedikit polesan yang telah kamu kustom atau jika kamu ingin memiliki tampilan blog yang lebih wah  maka kamu bisa membeli template premium yang banyak dijual di internet seperti template linkmagz atau viomagz dari Mas Sugeng 

5. Cari target pembaca 

Hal yang perlu dilakukan selanjutnya adalah mencari target pembaca. Kamu harus melakukan penelitian siapa target utama yang membutuhkan tulisannmu. Sebagai contoh, jika blog kamu bertemakan kopi maka sumber traffic yang kamu dapat adalah para pecinta kopi. 

6. Buat konten-konten berkualitas

Jika tampilan blog kamu sudah bagus dan kamu telah menentukan target pembaca blog kamu, hal selanjutnya yang paling utama untuk dilakukan adalah membuat konten-konten berkualitas yang tentunya dibutuhkan oleh para pembaca. Sebagai seorang blogger pemula, usahakan jangan terlalu fokus pada uang terlebih dahulu tapi fokuslah pada konten yang kamu buat. Sebelum mendaftarkan blog ke situs penyedia iklan, terlebih dahulu kamu kamu harus memiliki jumlah postingan tulisan yang cukup dengan visitor banyak juga. Oleh karena itu, kamu perlu konsisten menulis dan perlahan mempelajari SEO.

Share with your friends

Add your opinion
Disqus comments
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done