Tips Biar Gak Jadi Beban Keluarga - YUDA MUKTI BLOG
News Update
Loading...

Saturday, July 31, 2021

Tips Biar Gak Jadi Beban Keluarga

Sebagai seorang anak, tentu kita ingin menjadi anak  yang bisa diandalkan oleh orang tua dan keluarga. Bisa melakukan ini itu sehingga orang tua senang dan bangga memiliki kita. Namun, sayangnya tidak semua hal yang orang tua inginkan bisa kita lakukan sehingga merasa bahwa kita adalah beban dalam keluarga. 

Apakah kamu pernah merasa begitu? Kalau iya, pasti rasanya ga enak sama sekali. Sudah merasa ingin untuk bisa hidup mandiri dan tidak meminta uang pada orang tua tapi faktor finansial menjadi penghalangnya karena kamu belum bekerja. Apakah kasus ini sudah relate sama kamu? Kalau iya, maka kamu coba baca 5 tips ini agar perasaanmu menjadi beban keluarga menjadi hilang dan hidupmu tentu akan menjadi lebih baik. 

1. Belajar dengan giat dan tunjukkan prestasi 

Untuk membuat orang tua bangga padamu salah satunya adalah dengan menunjukkan bahwa kamu bisa menjadi kebanggaan keluarga atas prestasimu di sekolah atau bidang akademik.

2. Membuat tabungan sendiri dari sisa uang jajan 

Cobalah untuk membuat budgeting dari sisa uang sakumu setiap bulan, minggu, atau bisa juga setiap hari asal kamu tidak terbebani. Buatlah komitmen untuk terus menyisihkan uang walau hanya sedikit namun konsisten maka dengan itu kamu tidak perlu lagi meminta uang pada orang tua jika ada sesuatu yang ingin kamu beli.

3. Mulailah untuk berani belajar berbisnis 

Setiap orang biasanya memiliki hobi atau kegemarannya masing-masing. Dewasa ini, banyak orang yang meraup pendapatan dari hobi yang mereka jalani dengan tekun. Apabila kamu memiliki hobi menulis atau berniaga misalnya, maka kamu bisa terus mendalaminya walaupun kamu masih dalam masa sekolah. Bisa jadi kamu bisa mendapatkan penghasilan dari hobi kamu tersebut. Bisa menghasilkan uang dimasa sekolah itu adalah hal yang luarbiasa dimana saat ini jarang kita temui anak muda yang melek bagaimana cara mencari uang.

4. Berusaha mandiri dalam banyak hal 

Kamu tidak harus menuntut dirimu sendiri untuk mandiri dalam segala hal karena memang ada beberapa hal atau masalah yang tidak bisa diselesaikan sendiri melainkan dengan bantuan orang tua. Mulai dari sekarang kamu bisa mencoba menyelesaikan masalah kamu sendiri. Kamu juga tidak perlu banyak mengeluh pada orang tua atas masalahmu tersebut.

5. Sempatkan diri untuk membantu orang tua 

Dalam menjalankan aktivitas sehari-hari tentu akan melelahkan bagi orang tua kita jika harus mengerjakan pekerjaan rumah sendirian. Maka dari itu kamu harus ambil inisiatif membantu mereka diwaktu luang agar bisa meringankan pekerjaan orang tua.


Penutup:
Janganlah berpikir bahwa kamu adalah beban dalam keluarga karena sejatinya semua orang tua tidak akan pernah  berpikir demikian. Kamu bisa menunjukkan versi terbaik dari diri kamu pada orang tua agar perasaan menjadi beban keluarga ini menjadi hilang.

Share with your friends

Add your opinion
Disqus comments
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done