4 Manfaat Mengupdate CV Secara Berkala - YUDA MUKTI BLOG
News Update
Loading...

Monday, August 16, 2021

4 Manfaat Mengupdate CV Secara Berkala


Membuat data riwayat hidup dalam bentuk curriculum vitae atau CV adalah hal penting untuk dilakukan seseorang yang ingin melamar kerja di perusahaan apapun. Belakangan ini, curriculum vitae (CV) lebih sering digunakan ketimbang biodata diri dalam bentuk media cetak. Oleh karena itu, melamar kerja dengan cara online banyak dipilih oleh kebanyakan orang.

Melamar kerja menggunakan CV memang memiliki banyak keuntungan ketimbang menggunakan biodata dalam bentuk hard file. Selain lebih praktis, jangkauan melamar kerja menggunakan CV pun lebih luas karena bisa dikirim secara online via whatsapp ataupun email. 

Walaupun penggunaan CV memiliki banyak keuntungan. Hal itu tidak serta merta membuat kamu mudah untuk diterima disebuah perusahaan yang kamu lamar karena persaingan pelamar kerja tetap akan ada. Oleh karena itu, kamu tetap harus memperhatikan kualitas CV dengan rajin mengupdatenya secara berkala. Selain dapat membuat hrd tertarik dengan CV kamu, inilah 4 manfaat lainnya yang bisa kamu dapatkan jika kamu rajin mengupdate CV secara berkala.


1.  Lebih mengenal dengan kemampuan diri 


Setelah menuliskan achievement kamu kedalam CV, kamu tidak akan lupa dengan semua pencapaian yang telah kamu raih sebelumnya entah itu tentang pengalaman kerja atau sebuah gelar. Prestasi-prestasi yang sudah ditulis itu pastinya akan membuat kamu lebih percaya diri karena kamu mengenal diri sendiri dan tau dimana kekuatanmu.

2. Dorongan motivasi untuk lebih baik lagi 


Jika kamu telah mengenal kemampuanmu tentu kamu akan bersemangat dan selalu memiliki motivasi yang tinggi ketika sedang melamar ke sebuah perusahaan.

3. Desain lebih padat dan menarik 


Disaat kamu sedang apply ke sebuah perusahaan mungkin ada kalanya kamu meraih prestasi-prestasi lain yang belum kamu cantumkan ke CV. Misalnya kamu baru saja meraih juara 1 pada blog competition disebuah platform online. Prestasi itu tentu wajib kamu tambahkan kedalam CV agar terlihat padat maka dengan begitu hrd akan menganggap kamu sebagai kandidat yang menarik dan pantas mendapatkan job yang kamu apply.

4. Akan selalu siap ketika ada kesempatan baru 


Jika kamu rajin mengupdate CV secara berkala, kamu akan selalu siap dengan tawaran job yang datang sebab kamu telah memperbarui isi CV kamu agar bisa dipertimbangkan di perusahaan yang kamu apply karena ada kalanya tawaran itu datang dengan mendadak atau bersifat urgent.

Mengupdate isi CV adalah hal yang wajib dilakukan agar dapat memonitoring perkembangan skill dan karir seseorang. Selain itu, CV yang terupdate dengan skill yang memenuhi kualifikasi akan sangat layak dipertimbangkan oleh hrd sehingga kemungkinan mendapat panggilan interview menjadi terbuka.

Share with your friends

Add your opinion
Disqus comments
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done