Sukses Interview? Gini Caranya... - YUDA MUKTI BLOG
News Update
Loading...

Friday, December 11, 2020

Sukses Interview? Gini Caranya...



Ilustrasi jabat tangan saat wawancara kerja
Wawancara kerja atau interview adalah tahapan yang harus dilalui oleh mereka yang ingin melamar pekerjaan. Tak heran, interview sering membuat deg -degan atau bahkan stres bagi mereka para pelamar kerja.

Strategi ampuh yang bisa diterapkan para pelamar kerja di perusahaan apapun adalah dengan mempelajari contoh-contoh pertanyaan yang kemungkinan akan ditanyakan oleh pihak pewawancara. Hal ini dimaksudkan agar kita sebagai pelamar kerja mendapatkan gambaran seperti apa model pertanyaan yang harus kita jawab. 

Beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat interview kerja diantaranya :


SIAPKAN DIRIMU 

Ditahap ini kamu harus tahu posisi pekerjaan apa yang kamu ingin dan bayangan tentang pekerjaan itu. Sebagai antisipasi kamu juga harus tahu tentang perusahaan yang akan kamu lamar karena tak jarang pewawancara menanyakannya. 


BERPAKAIN RAPI DAN FORMAL 

Pelamar kerja harus menggunakan pakaian rapi dan formal saat wawancara. Jangan memakai baju yang berwarna mencolok. Disini kamu bisa menggunakan setelan kemeja hitam atau putih dengan celana dasar serta sepatu bukan sandal. 


BERIKAN KESAN PERTAMA YANG BAIK

Untuk memulai wawancara kamu harus memberikan kesan yang baik saat pertama melihat pewawancara dengan wajah tak ragu atau grogi saat masuk ke ruangan. Mengetuk pintu sebelum masuk dan duduk setelah dipersilahkan sambil memberikan senyuman dan sapaan hangat akan membuat pewawancara terkesan dengan etika yang kamu tunjukkan. 


LAKUKAN KONTAK MATA

Kontak mata sangat penting. Kamu dituntut untuk fokus saat pewawancara memintamu untuk melakukan perkenalan diri dengan memandangnya karena pewawancara dapat melihat profesionalisme, kepercayaan diri, dan minatmu atas pekerjaan yang akan kamu lamar. 


CERITAKAN ISI CV

Biasanya Curriculum Vitae (CV) sebagian hanya berisi data - data singkat. Saat wawancara, kamu bisa ceritakan pengalaman kerjamu lebih banyak lagi dengan jujur tanpa harus berbohong. Satu hal yang perlu diingat, kamu harus tahu solusi apa yang harus kamu lakukan jikalau pewawancara menanyakan tentang kekuranganmu. 



Semoga tips diatas bermanfaat!!! 

Share with your friends

Add your opinion
Disqus comments
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done