4 Alasan Tidur yang Cukup Sangat diperlukan Selama Diet - YUDA MUKTI BLOG
News Update
Loading...

Thursday, December 22, 2022

4 Alasan Tidur yang Cukup Sangat diperlukan Selama Diet


Telah menjaga pola dengan asupan makan? Sudah pula melakukan olahraga secara teratur? Akan tetapi jika dia tidak diimbangi dengan istilah ataupun tidur yang cukup maka manfaat diet ini tidak akan didapatkan secara maksimal oleh karena itu berikut ini beberapa alasan mengapa tidak cukup ini diperlukan selama diet agar berat badan dapat turun sesuai dengan hal yang diharapkan.


Berikut ini beberapa alasan mengapa tidur cukup diperlukan selama melakukan diet.

 

1. Lemak yang menumpuk

Alasan mengapa tidur cukup ini diperlukan selama diet yang pertama ialah lemak yang menumpuk di mana kurang tidur ini dapat menyebabkan peningkatan kadar kortisol atau stresyan juga pada akhirnya ini menjadi salah satu alasan mengapa lemak mudah menimbun di dalam tubuh, peningkatan penumpukan pada lemak di bagian perut ini lebih mudah terjadi ketika seseorang kehilangan kualitas tidurnya di mana ketika lemak pada perut terakumulasi tanpa mengatasinya maka hal ini justru dapat memicu pelepasan zat-zat inflamasi dimana zat ini juga cukup berbahaya dikarenakan berpotensi untuk menstimulasi timbulnya kortisol ataupun hormon stres. di dalam beberapa hari saja Komang menurut hasil dari studi republik aplikasi di jurnal of lipid research pada tahun 2019 yang seseorang mengalami kurang tidur dapat menyimpan lemak lebih banyak dari makanan yang sehari-hari masuk ke dalam tubuh di mana kualitas hidup ini berkurang dan tidak dapat mendukung program diet yang sedang dijalani.


Baca juga: Simak Tips Tidur Nyenyak saat Sedang Sakit


2. Ketidakseimbangan hormon leptin dan ghrelin

Dalam tubuh manusia ini terdapat hormon yang disebut leptin dan gearland di mana latin ialah hormon yang berfungsi untuk meningkatkan rasa kenyang dan gherlin adalah hormon yang berfungsi untuk meningkatkan rasa lapar. Ketika seseorang ini kurang tidur maka keadaan leptin di dalam tubuh akan berkurang, padahal hormon ini dapat membantu agar badan terjaga dengan baik dan salah hormon peningkat terasa kenyang ini menurun maka tentu nafsu makan sebagai akibatnya akan meningkat. Hal ini juga kemudian akan menyebabkan makanan berlebihan seperti misalnya ngemil pada saat larut malam padat dan pada waktu-waktu lain secara lebih sering di mana ditambah lagi dengan kondisi hormon peningkat rasa lapar atau gherlin yang juga akan meningkat. 

 

3. Peningkatan keinginan terhadap makan yang tidak sehat

Tidur atau istirahat yang cukup ingin dibutuhkan oleh setiap orang agar rasa kenyang dan juga lapar ini tetap dalam kondisi normal atau tidak secara berlebihan di mana sayangnya kurang tidur ini akan berpengaruh pada jenis makanan yang diinginkan yaitu menurut sebuah hasil studi yang dipublikasikan di sleep tahun 2016 mengatakan bahwa pada bagian otak yang berkaitan dengan motivasi dan penghargaan lebih aktif saat seseorang kurang tidur di mana hal ini dapat berkaitan dengan peningkatan keinginan untuk makan terus-menerus dan juga pada bagian korteks presental otak ini berfungsi untuk mengontrol keputusan tubuh untuk tetap sehat dan terpengaruh secara negatif oleh pada penurunan kualitas tidur. Keinginan untuk makan makanan yang tidak sehat ini juga bisa tidak terbendung dikarenakan ketidakmampuan tumbuh di dalam mengontrol keinginan tersebut. 

 

Baca juga: Daftar Manfaat Vitamin E bagi Kulit


4. Ritme sirkadian berantakan

Dalam sistem pencernaan yang sehat ini terdapat bakteri-bakteri yang pada umumnya dapat mendukung proses pencernaan makanan ataupun obat yang masuk ke dalam tubuh dimana ketika seseorang menjalani dan mengalami susah tidur maka kualitas tidurnya akan berkurang serta ritme sirkadian menjadi kacau. Ritme ini juga sendiri ialah waktu internal tubuh untuk mengatur waktu tidur secara alami di mana hal ini kemudian dapat mengganggu kesehatan pencernaan dan juga resiko peradangan pada tubuh juga dapat meningkat di mana hal ini justru akan lebih buruk lagi ketika hal ini berdampak pada penurunan kualitas tinggi yang lebih besar. 

 

Itulah dia beberapa sejumlah alasan mengapa tidur cukup ini sangat diperlukan selama diet yaitu agar lemak tidak dapat menumpuk di dalam perut tidak makan makanan tidak sehat tidak mudah mengalami peradangan ataupun gangguan pencernaan serta nafsu makan yang tidak terjadi secara berlebihan. Semoga bermanfaat!!


Share with your friends

Add your opinion
Disqus comments
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done