Daftar Manfaat Vitamin E bagi Kulit - YUDA MUKTI BLOG
News Update
Loading...

Thursday, December 22, 2022

Daftar Manfaat Vitamin E bagi Kulit

Vitamin E ialah vitamin larut lemak dan mempunyai sifat antiinflamasi yang mendukung sistem kekebalan tubuh serta fungsi sel dan juga kesehatan kulit. Vitamin E juga dapat sebagai antioksidan yang berperan untuk mengurangi efek radikal bebas yang dihasilkan oleh metabolisme makanan dan juga racun di lingkungan dengan cara menjelajahi tubuh mencari senyawa yang tidak stabil dan juga berbahaya serta menyumbangkan elektron sehingga senyawa tersebut dapat stabil yang mana hal ini juga dapat membantu untuk menjaga agar radikal bebas tidak merusak sel-sel tubuh. Selain itu vitamin E juga dapat berperan untuk mengurangi gejala dermatitis atopik dan penyakit pada hati dimana ini dapat memperlambat perkembangan penyakit Alzheimer ringan hingga sedang.

 

Vitamin E dapat didapatkan dari berbagai sumber seperti sayuran hijau yaitu brokoli dan bayam, buah, minyak jagung almond, cus margarin, sereal, dan makanan laut yaitu seperti abolone dan juga salmon, serta biji-bijian seperti biji bunga matahari. Selain itu, vitamin E juga tersedia di dalam bentuk suplemen berupa kapsul.

 

Saat ini, vitamin E pun dapat berupa vitamin e-topikal yaitu produk yang dioleskan pada kulit seperti pelembab yang bermanfaat untuk mengurangi kemerahan, mencerahkan kulit dan juga membersihkan pori-pori dan juga dapat memperbaiki bekas luka serta mengurangi rasa gatal.

 

Berikut ini beberapa manfaat vitamin E bagi kulit.

 

1. Sebagai pelembab

Manfaat vitamin e bagi kulit yang bisa kamu dapatkan yang pertama ialah sebagai pelembab dimana para peneliti menemukan bahwa produk yang mengandung vitamin E ini dapat melembabkan kulit. Akan tetapi, peneliti belum mengidentifikasi hubungan antara asupan vitamin E dan juga hidrasi kulit. Vitamin E ditemukan pada banyak produk pelembab yang dapat mencegah kulit menjadi kering dan juga mengelupas.

 

2. Melindungi dari sinar UV

Manfaat dari vitamin E yang selanjutnya bagi kulit ialah sebagai pelindung dari sinar UV. Penelitian juga menunjukkan bahwa vitamin E dapat melawan kerusakan kulit yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari di mana hal ini dikarenakan vitamin E dapat melembabkan serta mengatasi kulit kering dan bersisik. Minyak vitamin E ini juga dapat membantu untuk meredakan rasa terbakar dan juga gatal akibat serangan matahari. Menambahkan vitamin E pada sunscreen juga dapat memberikan beberapa manfaat pada kulit akan tetapi vitamin E sendiri tidak efektif sebagai sunscreen.

 

3. Berperan dalam menyembuhkan luka

Didalam sebuah artikel ulasan dari international award journal mengatakan bahwa vitamin E dapat meningkatkan penyembuhan luka.

Namun beberapa penelitian lain mengatakan vitamin E (suplemen) belum terbukti ampuh untuk membantu penyembuhan luka.


Itulah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari vitamin E bagi kulit. Semoga bermanfaat!!

 

Share with your friends

Add your opinion
Disqus comments
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done