5 Fakta Unik Belgia yang Mungkin Belum Kamu Ketahui - YUDA MUKTI BLOG
News Update
Loading...

Tuesday, January 17, 2023

5 Fakta Unik Belgia yang Mungkin Belum Kamu Ketahui


Belgia adalah salah satu negara yang penuh dengan destinasi sejarah. Negara yang beribukota di Brussels ini mungkin dikenal sebagai negara penghasil cokelat terbaik di dunia. Namun, apakah kamu tahu fakta lain mengenai negara ini? 

Sebelum memantapkan untuk liburan ke Belgia, ada kalanya kamu perlu mencari fakta menarik seputar negara ini agar liburanmu menjadi lebih menyenangkan. Nah, berikut ini adalah beberapa fakta dari Belgia yang telah dirangkum oleh instagram PeponiTravel.


 

1. Negara yang memiliki tiga bahasa resmi



Kalau kebanyakan negara hanya memiliki satu bahasa resmi, lain halnya dengan Belgia. Negara ini memiliki bukan cuma satu bahasa resmi saja, Iho. Masyarakat Belgia sejatinya sudah menggunakan tiga bahasa resmi, yakni Belanda, Prancis, dan Jerman. 

Penggunaan tiga bahasa oleh masyarakat Belgia bukanlah tanpa alasan. Hal ini didasarkan pada letak wilayah Belgia yang berbatasan dengan beberapa negara, seperti Belanda, Prancis, dan Luxemburg di sebelah utara. Sedangkan disebelah selatan, Belgia berbatasan langsung dengan wilayah Jerman. 



2. Diklaim sebagai negara asal kentang goreng 



Seperti yang kita tahu, kentang goreng adalah salah satu penemuan terbaik dalam dunia kuliner. Usut punya usut, kentang goreng pertama kali ditemukan di Belgia. Hal ini diungkapkan oleh sejarawan Belgia, Jo Gerad yang mengatakan bahwa kentang goreng sudah ada di Belgia sejak tahun 1680. 

Pada waktu itu, penduduk yang tinggal di bantaran sungai Muese memiliki kebiasaan memakan ikan kecil yang digoreng. Namun, ketika musim dingin datang, sungai menjadi beku dan penduduk pun kesulitan mendapatkan ikan. Alhasil, mereka memanfaatkan kentang untuk dikonsumsi dengan menggorengnya setelah dipotong memanjang. 



3. Menjadi negara pertama yang menerapkan E-paspor 



Paspor elektronik atau E-paspor adalah jenis paspor yang memiliki data biometrik sebagai pengaman dari paspor tersebut. Salah satu kelebihan E-paspor, yaitu data kamu tidak akan bisa dipalsukan seperti yang biasa terjadi pada paspor biasa.

Pada tahun 2003, Belgia menjadi negara pertama yang menerapkan paspor elektronik ini. Proses penerapan paspor elektronik ini lakukan dengan imbauan dari International Civil Aviation (ICAO). 



4. Ibukota Berlian Dunia



Selain terkenal sebagai negara penghasil cokelat terbaik, ternyata Belgia juga menjadi pusat berlian di dunia, Iho. Kamu bisa melihat kegiatan jual beli berlian di kota Antwerp. 

Kegiatan jual beli berlian di kota ini sudah berlangsung sejak tahun 1447. Industri pemolesan di kota ini pun sangat banyak dan sebanding dengan tingginya penjualan berlian di kota Antwerp. Makanya, kota ini disebut ibukota berlian dunia.



5. Festival seni pahat pasir terbesar di dunia ada disini 



Hal menarik dari Belgia lainnya adalah festival 
pahat pasir yang biasa digelar pada musim panas. Festival ini dinamakan Sands Sculpture Festival yang menjadi salah satu festival tahunan terbesar di dunia. 

Saat festival ini berlangsung, para seniman pemahat pasir memamerkan hasil karya mereka. Umumnya, hasil karya mereka berupa patung pasir yang dibentuk menjadi tokoh fiksi, seperti Hulk, Robocop, dan Wolverine.

 

Sama halnya dengan negara-negara Eropa lainnya, Belgia juga memiliki banyak hal menarik yang bisa kamu lihat kalau liburan kesini. Poin-poin diatas adalah beberapa fakta dari Belgia yang jarang diketahui orang. Adakah fakta Belgia yang belum kamu tahu? 

Share with your friends

Add your opinion
Disqus comments
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done