6 Cara Belajar Efektif ala Maudy Ayunda, Simak! - YUDA MUKTI BLOG
News Update
Loading...

Sunday, January 1, 2023

6 Cara Belajar Efektif ala Maudy Ayunda, Simak!




Siapa sih yang tidak mengenali Maudy Ayunda? Yap, ia adalah sosok artis multitalenta yang merupakan lulusan dari Stanford University, California jurusan administrasi bisnis.

Pencapaian Maudy Ayunda meraih gelar S2 di universitas bergengsi di Amerika Serikat tersebut membuat banyak kalangan muda terinspirasi olehnya. Buat kamu yang ingin menjadi orang yang berprestasi seperti Maudy Ayunda, maka tidak ada salahnya jika kamu menerapkan cara belajar artis cantik ini.

Nah, berikut ini adalah cara belajar efektif ala Maudy Ayunda yang bisa kamu terapkan.


1. Menulis buku catatan

Dalam proses belajar, menulis adalah hal yang penting. Menulis akan membantu mengasah nalar dan daya ingat seseorang. Selain itu, kamu juga akan mampu mengetahui bahasa penulisan yang benar.


Jika kamu adalah orang yang kreatif dalam menulis, maka aktivitas ini bisa memudahkan kamu untuk membuat artikel atau karya ilmiah. Mendaftarkan diri ke sebuah organisasi atau beasiswa pun akan menjadi lebih mudah jika kamu pandai menulis.


2. Jadikan membaca sebagai hobi 

Membaca adalah aktivitas seru yang bisa kamu lakukan ketika memiliki waktu luang. Banyak sekali manfaat yang bisa kamu dapatkan dari membaca buku.


Dengan membaca buku, kamu akan mendapatkan wawasan baru yang belum kamu ketahui sebelumnya. Selain itu, kesehatan mentalmu pun akan terjaga karena dengan membaca buku akan membuat suasana hati seseorang menjadi lebih baik dan terhindar dari stress.


3. Koreksi hasil ujian untuk memperbaiki kesalahan

Kesalahan adalah hal yang lumrah saat kita sedang belajar. Oleh karena itu, kamu harus mampu belajar dari kesalahan yang telah kamu lakukan. Dengan mengoreksi hasil ujian, maka kamu bisa mengidentifikasi apa sebab dari kesalahan kamu dan tahu jawaban yang benar.

Apabila kamu telah mengoreksi hasil ujian maka kamu tidak akan kesulitan untuk menjawab jika menemukan pertanyaan yang sama.


4. Mencoba menjadi fleksibel dan adaptif 

Hal yang mampu mempercepat seseorang untuk belajar adalah fleksibilitas. Kamu harus aktif bersosialisasi dengan siapa saja, namun kamu tetap harus membatasi diri dari lingkungan yang toxic.


Bersosialisasi dengan fleksibel akan membuat kamu cepat beradaptasi di lingkungan baru. Selain itu, kamu pun akan memiliki banyak teman baru dari berbagai organisasi atau komunitas.


5. Memahami konsep, bukan menghafal

Cara belajar efektif ala Maudy Ayunda berikutnya adalah dengan memahami konsep. Walaupun menghafal itu bagus namun memahami konsep itu jauh lebih baik.

Dua cara belajar antara menghafal dan memahami memiliki manfaat yang berbeda. 
Dengan menghafal materi, kamu akan mengingat materi tersebut sementara saja. Namun lain halnya jika kamu mampu memahami materi tersebut, maka kamu akan mampu mengingatnya sepanjang waktu.


6. Jangan lupa menerapkan Study-Life Balance

Belajar di sekolah atau di sebuah organisasi memanglah penting. Namun, kamu tidak boleh melupakan waktu untuk menyalurkan hobi kamu. Kamu bisa melakukan aktivitas seru seperti berolahraga atau sekedar bermain musik disamping waktu belajar. Seimbangkan kegiatan akademismu dengan kegiatan personal agar kamu terhindar dari stress dan tetap menjadi orang yang produktif.


Itulah beberapa cara belajar efektif yang telah dibeberkan oleh Maudy Ayunda. Apabila kamu masih kesulitan dalam belajar, mungkin kamu bisa melakukan cara diatas agar proses belajar kamu menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Selamat mencoba!



Share with your friends

Add your opinion
Disqus comments
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done