Appetizer, Main Course, hingga Dessert Populer Diberbagai Negara, Cek! - YUDA MUKTI BLOG
News Update
Loading...

Friday, January 6, 2023

Appetizer, Main Course, hingga Dessert Populer Diberbagai Negara, Cek!


Jika kita sarapan di hotel maka biasanya kita akan disajikan makanan yang lezat dan beragam. Tapi, bila kita salah memilih makanan untuk dinikmati pertama kali bisa jadi kita malah cepat kenyang dan tidak bisa menikmati hidangan lainnya. Nah oleh karena itu, kita perlu tau tentang klasifikasi makanan seperti appetizer, main course, dan dessert supaya kita bisa mengukur seberapa banyak porsi makanan tersebut untuk tubuh kita.

Apa itu Appetizer?

Salad
Dalam bahasa Indonesia, appetizer memiliki arti hidangan pembuka. Hidangan pembuka sendiri ialah sajian makanan yang dapat menggugah selera sehingga membuat orang menjadi penasaran. Maka dari itu, appetizer juga biasa disebut sebagai hidangan pengantar sebelum hidangan utama disajikan.

Berbicara mengenai rasa, appetizer biasanya memiliki rasa yang asam dan segar serta memiliki porsi yang kecil bila dibandingkan dengan main course. Appetizer juga memiliki bentuk sajian yang hangat dan dingin.

Penasaran apa saja contoh makanan appetizer ini? Berikut adalah contoh hidangan appetizer yang populer diberbagai negara.

1. Canapes


Makanan yang satu ini berbahan dasar caviar yang dicampurkan dengan kerupuk krispy ala Eropa. Sajian ini dianggap sebagai awal lahirnya makanan pembuka di benua Eropa. Pada awal abad ke-19, canape biasa disajikan dalam bentuk panggangan daging kecil-kecil atau kue-kue renyah berbentuk bulat dengan diberi irisan daging panggang dan dicampur dengan sayuran. Canape juga biasa diberi tambahan krim, keju, atau mentega dengan dihiasi parsley atau kacang.

2. Meze


Sajian appetizer selanjutnya ialah meze, yaitu makanan pembuka berupa daging dan sayuran yang dihiasi dengan rempah segar. Makanan ini awalnya hanya terdapat pada acara pesta di Persia (Iran). Namun pada perkembangannya, meze menjadi hidangan pembuka populer di wilayah Mediterania.

3. Mini Thai Shrimp Lettuce Wraps


Di Thailand, terdapat sajian appetizer bernama Mini Thai Shrimp Lettuce Wraps yang berisi udang dan juga sayuran segar. Sajian pembuka ini kaya akan rasa karena terbuat dari campuran beberapa jenis bumbu dan memiliki rasa yang sedikit pedas.

4. Samosa


Gorengan berbentuk segitiga yang terbuat dari tepung yang diisi kentang, kacang polong, daging, serta diberi bumbu kari merupakan makanan pembuka terpopuler di India. Cara pembuatan samosa mirip dengan pembuatan pastel yang ada di Indonesia.

5. Smoked Mackerel Spread


Ada menu berbeda dari Belanda, berbahan dasar ikan mackerel yang dicampur dengan seledri dan juga lobak, Smoked Mackerel Spread memiliki rasa yang lezat dan menjadi hidangan pembuka favorit bagi warga Belanda.

Apa itu Main Course?

Beef Steak
Main course merupakan makanan utama dari sebuah jamuan makan. Biasanya makanan ini disajikan dengan porsi yang lebih besar dibandingkan dengan appetizer. Main course berisi lauk pauk berupa daging, ikan, ayam, ataupun sayuran. Sumber karbohidratnya sendiri bisa berasal dari roti, kentang, nasi, atau beberapa olahan pasta.

Berikut merupakan contoh sajian main course lezat yang perlu kamu tahu.

1. Lasagna


Lasagna
merupakan makanan olahan pasta dari Italia yang terkenal. Makanan ini dibuat dengan cara dipanggang bersamaan dengan bahan makanan lain seperti daging, sayuran, ayam, seafood, dan diatasnya diberi taburan keju parut. Taburan keju parut yang meleleh setelah dipanggang membuat cita rasa lasagna semakin lengkap.

2. Rendang


Siapa sih yang tidak tau rendang? Ya, makanan ini merupakan salah satu makanan yang populer bagi masyarakat Indonesia. Berasal dari Minangkabau, rendang berbahan dasar daging sapi atau kerbau yang dimasak dengan aneka rempah dan santan. Pengolahan rendang terbilang cukup lama karena dimasak menggunakan suhu api yang rendah sampai rendang benar-benar kering sehingga potongan-potongan daging menjadi berwarna hitam pekat.

3. Chicken Cordon Bleu


Chicken Cordon Bleu
merupakan sajian makanan western yang cukup populer dibanyak restoran di Indonesia. Makanan ini berbahan dasar daging fillet yang digulung dengan keju dan daging asap. Chicken Cordon Bleu biasa disajikan bersama dengan brown sauce atau mushroom sauce.

4. Foie Gras


Foie gras
adalah sajian main course dari Perancis yang berbahan dasar hati bebek atau angsa. Sajian main course ini memiliki tekstur yang lembut serta rasa yang berlemak.Walaupun dianggap sebagai makanan yang lezat, namun sajian ini justru dilarang diberbagai negara karena hati bebek atau angsa yang cukup besar didapat dari proses pemberian pakan khusus secara paksa. Hal ini dinilai sebagai penyiksaan terhadap hewan oleh sebagian negara.

Baca juga: Beberapa Jenis Sayuran yang Bagus untuk Dipanggang

Apa itu Dessert?

Sliced Fruits
Dessert merupakan sajian penutup yang disajikan diakhir jamuan makan. Dessert umumnya memiliki rasa yang manis. Contoh makanan yang disajikan sebagai dessert biasanya adalah cokelat, es krim, atau puding. Sama seperti appetizer, dessert juga memiliki bentuk sajian yaitu hot dessert, cold dessert, dan frozen dessert

Nah berikut adalah beberapa jenis dessert yang terkenal dari berbagai negara.

1. Tiramisu


Menurut sejarah kuliner mancanegara, tiramisu diperkenalkan pertama kali di Italia. Awalnya, sajian ini dikenal dengan nama Tuscan Ttifle atau Zuppa Inglese. Resep tiramisu yang asli menggunakan biskuit saviordi yang disusun lalu dilapisi dengan adonan krim kocok dan parutan keju mascapone. Tambahan cokelat, air kopi, dan gula akan membuat tiramisu terasa legit dan wangi. Ciri khas lain dari tiramisu adalah taburan cokelat bubuk pada bagian atasnya.

2. Churros


Churros
adalah dessert asal Spanyol berbentuk kue kering yang terbuat dari mentega, air, tepung terigu, dan telur. Dalam penyajiannya, dessert ini terus mengalami perkembangan variasi. Awalnya, churros hanya dikenal sebagai kue goreng yang manis saja. Namun saat ini, churros sudah banyak disajikan dengan beragam filling dan dipping sauce seperti dark/white choccolate, caramel, dan strawberry.

3. Baklava


Makanan khas Balkan ini merupakan kue manis dengan campuran kenari atau pistacio cincang yang disiram sirup atau madu sebagai bahan utamanya. Walaupun kue ini rasanya sangat manis, namun kue ini digemari oleh banyak orang. Baklava Turki adalah salah satu dessert terbaik di dunia.

4. Cheese Cake


Dikenal dan mulai populer sejak zaman Yunani kuno, cheese cake terbuat dari olahan susu kambing/domba yang dicampur dengan tepung terigu, telur, dan madu lalu dipanggang. Cheese cake terbagi menjadi dua bagian, yaitu bagian crust yang mirip dengan biskuit dan bagian isi yang terdiri dari krim keju.

5. Gelato


Es krim atau yang biasa dikenal dengan sebutan gelato ialah hidangan penutup yang paling dicari oleh orang Italia. Rasanya yang segar menjadi penutup yang manis disetiap jamuan makan.

Hidangan lezat dari berbagai negara memang banyak ragamnya mulai dari appetizer, main course, hingga dessert sangat menggugah selera dan membuat banyak orang penasaran. Apakah kamu tertarik untuk mencoba salah satu hidangan yang sudah disebutkan diatas? Kalau iya, mana nih makanan yang mau kamu coba duluan?

Baca juga: Bukan Perancis, Ternyata Croissant Berasal dari Negara ini


Share with your friends

Add your opinion
Disqus comments
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done