Porsi Sedikit Harga Selangit, Ini Alasan Mengapa Fine Dining Mahal - YUDA MUKTI BLOG
News Update
Loading...

Saturday, December 31, 2022

Porsi Sedikit Harga Selangit, Ini Alasan Mengapa Fine Dining Mahal

Apa itu Fine Dining?


Apakah kamu sudah tau tentang konsep penyajian makanan fine dining? Kalau belum, maka kamu sedang membaca artikel yang tepat.

Dalam bahasa Indonesia, fine dining memiliki arti jamuan makan resmi. Nah, bila fine dining ini bersifat resmi, tentu saja jamuan makan ini memiliki beberapa aturan yang berlaku seperti berpakain rapi hingga menggunakan perlatan makan yang baik dan benar.

Etika dan aturan tersebut wajib kita lakukan dengan baik untuk menjaga pandangan positif orang lain terhadap diri kita ketika sedang menikmati hidangan karena biasanya fine dining hanya ada di acara formal seperti gala dinner atau anniversary dengan orang-orang VIP atau rekan kerja.

Mengapa Porsi Penyajian Makanan Fine Dining Sedikit tapi Mahal?



Berbicara mengenai fine dining, apakah kamu pernah bertanya-tanya mengapa fine dining di restoran-restoran mewah hanya menyajikan makanan dengan porsi yang sedikit? Alasannya tentu sudah jelas karena restoran-restoran fine dining lebih mengutamakan cita rasa daripada porsi makanan yang disajikan.

Selain itu, ada beberapa alasan lain mengapa penyajian makanan di restoran fine dining memiliki porsi yang sedikit tapi harganya mahal, yaitu:


1. Bahan makanan yang mahal juga berkualitas



Alasan mengapa fine dining itu mahal bisa dilihat dari penggunaan bahan baku makanannya. Bila kamu menghadiri suatu acara mewah di restoran fine dining, maka kamu tidak akan menemukan bahan-bahan murah seperti tahu dan tempe sebagai bahan dasar makanannya melainkan kamu akan menemukan bahan makanan mahal seperti caviar, foie gras, atau abalone dengan kualitas pilihan.

2. Tahap penyajian makanan



Dalam konsep fine dining, makanan yang disajikan umumnya memiliki tiga tahapan yang berawal dari appetizer, main course, dan desert atau bisa juga berawal dari cold appetizer, hot appetizer, soup, main course, lalu kemudian disusul dengan desert. Hal ini juga menjadi salah satu alasan mengapa penyajian makanan fine dining sedikit yaitu agar pengunjung yang datang dapat menikmati semua tahapan tersebut untuk menikmati cita rasanya tanpa merasa kekenyangan.


3. Elegan



Biasanya, fine dining hanya akan dilakukan bila ada perayaan khusus seperti gala dinner ataupun anniversary. Oleh sebab itu, makanan yang disajikan akan menjadi istimewa. Tak hanya itu, pengunjung yang datang pun akan berpakaian rapi dan formal sehingga suasana akan terlihat elegan bila disandingkan dengan sajian makanan yang mewah.

4. Seni penyajian makanan



Sajian makanan di restoran fine dining sangat jauh berbeda dari sajian makanan di restoran kebanyakan. Keindahan makanan diatas sebuah piring jelas sudah menjadi ciri fine dining. Bila porsi makanan tersebut terlalu banyak hal itu akan mengurangi estetika dari seni penyajian makanan itu sendiri.

5. Menjaga cita rasa makanan



Seenak apapun makanannya, bila makanan tersebut memiliki porsi yang banyak maka kenikmatan makanan itu sendiri akan hilang. Kita pun akan cepat merasa bosan. Maka dari itu di restoran fine dining main course disajikan dengan porsi yang hanya setara dengan lima suapan saja.


Itulah beberapa alasan mengapa porsi makanan fine dining sedikit tapi memiliki harga yang mahal karena kualitas bahan dasar dan juga penyajiannya. Nah, kalau kamu penasaran dengan sajian makanan fine dining maka tidak ada salahnya untuk mencoba. Walaupun mahal, tapi kamu akan mendapatakan pengalaman baru mencicipi sajian makanan di restoran mewah, bukan?

Share with your friends

Add your opinion
Disqus comments
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done