12+ Jenis Gelas Yang Biasa Dipakai di Cafe dan Restoran - YUDA MUKTI BLOG
News Update
Loading...

Tuesday, July 27, 2021

12+ Jenis Gelas Yang Biasa Dipakai di Cafe dan Restoran

Source: pixabay.com
Seperti yang kita tau, glassware adalah salah satu peralatan penting yang wajib tersedia dalam bidang food & beverage, khususnya didalam sebuah cafe atau restoran. Selain chinaware seperti piring, glassware juga berperan penting karena digunakan untuk menyajikan berbagai jenis minuman yang akan dijual di cafe atau restoran tersebut. 

Ada banyak sekali jenis dan varian minuman yang dijual di cafe maupun resto. Dari beragamnya jenis minuman tersebut tentunya harus disajikan pada gelas yang sesuai. Berikut adalah jens gelas yang sering dipakai di cafe maupun resto beserta fungsinya. 


1. Highball Glass

Highball glass
Highball glass memiliki bentuk yang sama dengan collin glass. Namun, gelas ini memiliki ukuran yang lebih pendek dan bentuk yang lebih lebar daripada collin glass. Highball glass biasa digunakan dibeberapa restoran untuk menyajikan minuman dingin seperti jus, ice tea, dan minuman campuran softdrink.

2. Lowball Glass

Lowball glass
Gelas ini memiliki nama lain rock glass atau old fashioned glass. Lowball glass memiliki ukuran yang pendek dan biasa digunakan untuk menyajikan minuman alkohol.


3. Irish Coffee Glass

Irish coffee glass
Gelas ini memiliki bentuk yang tebal dengan pegangan pada samping gelas yang digunakan untuk menyajikan kopi panas. 

4. Juice glass 

Juice glass
Juice glass memiliki banyak macam. Tidak melulu berbentuk tabung tapi ada juga yang berbentuk mengerucut kebawah. Gelas ini digunakan untuk menyajikan aneka fresh juice baik dari buah maupun sayuran. 

5. Martini Glass

Martini glass
Martini glass adalah salah satu gelas yang biasa digunakan untuk minuman cocktail. Memiliki bentuk kerucut, gelas ini juga biasa dikenal dengan nama V glass. 

6. Water Goblet 

Water goblet
Sesuai dengan namanya, gelas ini digunakan untuk air putih tapi juga sering digunakan untuk wine dan softdrink. Walaupun gelas ini berkaki, namun tidak disarankan untuk minuman yang panas. 

7. Red Wine Glass

Red wine glass
Gelas ini berbentuk ramping pada tangkainya dan bulat melebar pada mangkuk gelasnya. Seperti namanya, gelas ini khusus digunakan untuk sajian anggur merah. 

8. White Wine Glass

White wine glass 
Gelas ini memiliki bentuk yang sama dengan red wine glass. Perbedaannya terletak pada mangkuk gelas yang lebih kecil dan tangkai gelas yang lebih tinggi daripada red wine glass. 

9. Poco Grande Glass 

Poco grande glass
Poco Grande adalah tipe gelas berkaki yang memiliki bentuk seperti guci. Gelas ini digunakan untuk menyajikan minuman kreasi seperti pina colada, strawberry smoothie, dll.


10. Collin Glass 

Collin glass
Collin glass memiliki bentuk yang sama dengan highball glass namun gelas ini adalah versi yang lebih tingginya. Sama seperti highball glass dan juice glass, tipe gelas ini sering digunakan untuk menyajikan jus dan juga minuman kreasi dari campuran softdrink.

11. Hurricane Glass 

Hurricane glass
Sekilas jika dilihat, gelas ini memiliki bentuk yang sama dengan poco grande. Sama-sama memiliki kaki dan tampak seperti guci namun hurricane glass memiliki bentuk yang memanjang sehingga terlihat lebih tinggi. Gelas ini biasa digunakan untuk minuman cocktail.

12. Snifter Glass 

Snifter glass
Dari semua jenis gelas yang berkaki, Snifter glass memiliki batang yang paling pendek dengan mangkuk gelas yang lebar sehingga memungkinkan minuman untuk diaduk. Umumnya gelas ini digunakan untuk menyajikan brendi dan whisky.

13. Pilsner Glass 

Pilsner glass
Pilsner glass umum digunakan untuk menyajikan bir-bir ringan. Gelas ini memiliki bentuk seperti vas bunga yang besar dan mengerucut kebawah. Walaupun memang gelas ini dikhususkan untuk bir, namun banyak cafe dan restoran di Indonesia yang memakai gelas ini untuk jus dan minuman kreasi lain.

14. Jar Glass

Jar glass
Jar glass memiliki bentuk yang unik. Selain memiliki pegangan, gelas ini juga memiliki ulir pada mulut gelas sehingga bisa dibuka tutup. Dikebanyakan cafe dan resto, gelas ini sering digunakan untuk menyajikan susu, ice tea, dan minuman rempah.

15. Margarita Glass 

Margarita glass
Margarita glass adalah varian dari gelas cocktail yang memiliki ciri khas denga mulut gelasnga yang lebar dan bentuknya mengerucut kebawah. Gelas ini juga biasa digunakan untuk ice cream.


16. Milkshake Glass 

Milkshake glass
Memiliki bentuk yang besar seperti trofi liga champions namun tidak memiliki telinga. Milkshake glass khusus digunaka untuk milkshake atau minuman kreasi dari ice cream. 

Share with your friends

Add your opinion
Disqus comments
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done