6 Negara dengan Brand Supermarket Andalannya - YUDA MUKTI BLOG
News Update
Loading...

Thursday, February 16, 2023

6 Negara dengan Brand Supermarket Andalannya


Swalayan atau yang biasa kita sebut supermarket merupakan tempat yang menjual berbagai macam kebutuhan makanan dan minuman. Tak hanya itu, supermarket juga menyediakan barang-barang kebutuhan lain seperti sabun, kosmetik, hingga obat-obatan. 

Berbagai macam brand supermarket sudah banyak beroperasi di seluruh kota-kota besar seperti Jakarta. Nama-nama seperti Lotte Mart dan Carrefour adalah contoh brand supermarket yang sudah memiliki pangsa pasar yang besar di Indonesia.


Walaupun kedua raksasa supermarket ini cukup terkenal di Indonesia, namun bukan berarti kedua brand supermarket ini juga sukses di negara lain. Nah, berikut ini adalah 6 negara dengan brand supermarket andalannya.


1. Family Mart-Jepang



Family Mart adalah jaringan supermarket yang pertama kali didirikan di Jepang pada tahun 1981. Awalnya, supermarket ini dimiliki oleh Seiyu Group, namun saat ini Family Mart sudah diambil alih oleh Itochu Group sebagai pemegang saham terbesarnya.

Tak hanya ada di Jepang saja, kini Family Mart juga sudah membuka cabangnya sampai ke Asia Timur dan Tenggara tak terkecuali di Indonesia. Brand supermarket yang berpusat di Tokyo ini memiliki slogan "Anata to Konbini, Famiriimaato" yang memiliki arti "Selalu Bersama Anda, Family Mart".

Baca juga: Mengenal Sejarah dan Budaya United Kingdom

2. CU-Korea Selatan 



Beralih ke Korea Selatan, terdapat brand supermarket yang cukup populer di negara ini, yaitu CU. Supermarket yang didirikan pada 1990 ini dimiliki oleh perusahaan BGF Retail. 

Selain beroperasi di Korea, brand ini juga telah membuka banyak cabangnya di negara tetangga seperti Malaysia. Jika kamu sedang berada di Korea, tidak ada salahnya bila kamu mencoba berbelanja di supermarket ini.


3. Coop-Swiss



Industri ritel yang berpusat di kota Basel ini didirikan pada tahun 1969. Coop merupakan brand swalayan yang paling terkenal di Swiss dan merupakan salah satu perusahaan retail terbesar di negara ini. 

Menurut Asosiasi Produsen Organik Swiss, Coop menyumbang setengah dari semua makanan organik yang dijual di Swiss. Saat ini, situs website Coop telah memasarkan produk dan layanannya dengan bahasa Prancis, Jerman, Italia, dan Inggris.


4. Tesco-United Kingdom



Tesco adalah sebuah brand supermarket internasional yang berpusat di Inggris. Gerai Tesco pertama kali didirikan oleh Jack Cohen pada 1919 di Cheshunt, Inggris.


Tesco telah masuk kedalam daftar sepuluh perusahaan ritel terbesar di dunia dan telah berkembang pesat di banyak negara seperti Prancis, Polandia, Jepang, dan United Kingdom. Tesco melayani pelanggan untuk mendapatkan kebutuhan makanan dan minuman yang terjangkau, sehat, dan berkelanjutan.


5. Countdown-Selandia Baru



Countdown adalah brand supermarket yang berasal dari Selandia Baru yang didirikan pada 1981 oleh Rattrays Wholesale. Walaupun terkenal di negaranya, namun ternyata Countdown masih merupakan anak dari perusahaan Woolworths asal Australia.

Gerai Countdown pertama kali dibuka dipusat perbelanjaan Northlands hingga dapat berkembang sampai sekarang. Brand supermarket ini telah sukses beroperasi di sebuah kepulauan selatan dan utara Selandia Baru.


6. Woolworths-Australia



Woolwhortls Group Limited adalah perusahaan besar di Australia yang bergerak di bidang ritel. Perusahaan ini didirikan pada 1924 dan saat ini berpusat di Bella Vista, New South Wales, Australia.

Tak hanya sukses di Australia dan Selandia Baru, Woolwhorths juga telah berhasil melebarkan gerainya di negara lain seperti Hong Kong dan India.

Baca juga: 5 Fakta Unik Belgia yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Datang Kesini

Walaupun jaringan supermarket diatas merupakan brand asli dari negaranya masing-masing, namun ternyata perusahaan ritel diatas justru adalah yang paling terkenal.


Perusahaan-perusahaan diatas tentu telah berhasil bertahan dari gempuran brand asing yang terus bermunculan setiap tahun dengan terus meningkatkan kualitas pelayanannya kepada para pelanggannya.

 

Maka dari itu, kita sebagai warga negara Indonesia perlu mencintai produk lokal mulai saat ini demi meningkatkan perekonomian negara dan dapat membantu produk lokal di Indonesia untuk menembus pasar internasional.

Share with your friends

Add your opinion
Disqus comments
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done