Tips Jitu Menghadapi Walk in Interview, HRD Auto Takluk - YUDA MUKTI BLOG
News Update
Loading...

Wednesday, February 22, 2023

Tips Jitu Menghadapi Walk in Interview, HRD Auto Takluk


Walk in Interview adalah sebuah cara perekrutan dimana perusahaan terbuka untuk menerima kandidat tanpa melalui perantara apapun. 
Pada saat wawancara, para pelamar dapat menunjukkan pemahaman mereka tentang pekerjaan, keahlian dan pengalaman yang relevan.

Perusahaan akan mengadakan sesi wawancara tertentu dengan tujuan untuk mengetahui lebih dalam tentang kualifikasi kandidat serta menilai kecocokan kandidat dengan pekerjaan yang ditawarkan. Pihak perusahaan akan melakukan wawancara mulai dari pertanyaan latar belakang pendidikan maupun latar belakang pengalaman dan juga dapat menilai kemampuan kandidat untuk memenuhi kebutuhan pekerjaan.


Walk in Interview adalah salah satu cara yang dapat membantu perusahaan untuk dapat menemukan dan merekrut calon yang tepat untuk berbagai macam posisi.


Keuntungan Walk in Interview


Walk in Interview adalah cara cepat dan jitu mencari karyawan baru. Bagi pelamar, teknik ini memudahkan bagi mereka untuk bertemu secara langsung dengan pewawancara, sementara bagi pemberi kerja, Walk in Interview memberikan peluang untuk melihat beberapa individu sekaligus dan mengetes keterampilan mereka langsung.


Dengan demikian, proses rekrutmen menjadi jauh lebih cepat. Selain itu, Walk in Interview juga membantu dalam menghemat waktu dan biaya. Pelamar tidak perlu mengirim surat lamaran dan CV mereka. Mereka hanya perlu datang ke lokasi dan menunjukkan apa yang mereka bisa tawarkan untuk posisi yang diinginkan.


Pemberi kerja hanya perlu menyediakan ruangan dan tenaga ahli untuk melakukan proses wawancara, sehingga membuat proses rekrutmen menjadi lebih efisien.


Aktivitas Walk in Interview


Walk in Interview telah menjadi bagian penting dalam proses rekrutmen dalam banyak perusahaan. Interview ini juga menjadi cara bagus untuk menghadapi kandidat dan menerima pelamar. Interview ini dapat membuat proses rekrutmen menjadi lebih cepat dan efisien, karena waktu yang dibutuhkan untuk dilakukan cukup singkat.


Melalui interview ini, bagian Human Resources dapat dengan cepat memprediksi mana kandidat yang daftar gelar memenuhi kualifikasi terbaik untuk jabatan yang diinginkan. Para perusahaan kini memilih untuk lebih memperhatikan identitas fisik pelamar ketika melakukan wawancara langsung untuk memastikan bahwa kualifikasi yang tercantum dalam data pelamar merupakan hasil yang nyata.


Proses Walk-In Interview telah menjadi alat penting dalam proses rekrutmen di banyak perusahaan. Ini menyediakan metode cepat dan efektif untuk mempelajari kandidat dan memilih calon yang tepat untuk dilamar.



Tips Sukses Hadapi Walk in Interview



Walaupun tidak semua kandidat akan diterima dalam Walk in Interview, namun mempersiapkan diri untuk dapat menemui keberhasilan dalam wawancara kerja adalah penting. Sebagian dari tahapan persiapan meliputi: menyusun portfolio, melatih jawaban terkait dengan pertanyaan yang mungkin diajukan, berpakaian sopan, mempelajari latar belakang perusahaan, dan mempersiapkan pertanyaan yang akan diajukan kepada perusahaan.

Ketika pelamar tiba di lokasi wawancara, penting juga untuk membangun hubungan lebih jauh dengan wawancara. Cobalah untuk membangun suasana yang kondusif dengan menjadi pembicara yang ramah dan menonjol.


Jangan lupa untuk membawa senyum yang menyenangkan dan menunjukkan sikap yang positif. Dengan persiapan yang matang, interaksi yang positif dengan interviewer, dan keterampilan memukau, peluang kesuksesan pelamar akan meningkat drastis.


Berikut adalah tips bagi kalian yang hendak mengikuti Walk in Interview agar berjalan sukses.



1. Menyiapkan dokumen-dokumen penting & pendukung


Mengumpulkan dokumen penting saat mengurus berbagai hal dapat terasa menakutkan. Banyak orang bingung saat mencoba untuk mengumpulkan surat, mentandatangani formulir, dan melakukan aktivitas lainnya. Meskipun hal ini dapat menjadi proses yang memakan waktu dan merepotkan, tidak ada yang bisa dibandingkan dengan kepuasan dari kesuksesan interview, bukan.


Dalam kasus ini, kamu harus mengumpulkan dokumentasi yang akurat, komplet, dan tepat waktu. Dengan cara ini, kamu juga bisa merasa yakin bahwa semuanya telah dilakukan dengan benar. Sebagai hasilnya, kamu akan merasa nyaman mengetahui bahwa proses telah diselesaikan dan kamu bisa mengubah fokus ke urusan lainnya.



2. Membuat portfolio


Membuat portfolio bisa menjadi cara yang ampuh untuk menghadapi walk in interview. Portfolio adalah sebuah dokumen atau pengumpulan benda-benda tertentu yang menunjukkan pekerjaan dan kemampuan yang telah kamu lakukan.


Portfolio biasanya berisi contoh tulisan, foto, presentasi, materi latihan, dan lain sebagainya. Dengan memiliki portfolio, kamu dapat membingkai aspek-aspek penting tentang kamu kepada interviewer dan menjelaskan tentang diri kamu lebih lanjut.


Tidak hanya itu, kamu juga dapat membuat folder atau kotak portofolio yang memiliki cover atau bagian depan yang menarik. Ini dapat menjadi cara tepat untuk membuat impression yang baik sebelum kamu memasuki ruangan.


Pastikan bahwa kamu menyertakan portofolio yang up to date agar kamu dapat menjelaskan tentang dirimu dengan lebih baik.



3. Mempelajari segala informasi tentang perusahaan


Ketika kamu membuat keputusan tentang tempat untuk bekerja, mempelajari informasi perusahaan adalah kunci. Membuat waktu untuk meneliti semua informasi yang tersedia mengenai perusahaan yang kamu minati – mulai dari misi dan tujuan mereka hingga pendekatan perusahaan terhadap kinerja pelanggan, kondisi kerja, kompensasi dan karir.


Melalui analisis ini, kamu dapat mempertimbangkan apakah pekerjaannya cocok dengan aspirasi dan nilai-nilai kamu.



4. Pelajari contoh pertanyaan yang akan diajukan oleh interviewer dan latihan untuk menjawab 


Jika kamu ingin berkembang dan berhasil dalam hal karier, salah satu cara terbaik untuk mencapainya adalah melakukan latihan menjawab pertanyaan dengan professional. Latihan menjawab pertanyaan adalah cara terbaik untuk mempersiapkan diri kamu untuk berbagai situasi yang mungkin muncul saat wawancara, presentasi, maupun di tempat kerja.


Dengan cara berlatih, kamu dapat belajar bagaimana menyampaikan pikiran dan pendapat secara efektif dan kritis dengan sebuah proses yang objektif. Ini akan memungkinkan kamu untuk menangani berbagai masalah yang logis, mencari solusi, dan menangani sesuatu dengan efektif.


Dengan mencanangkan ini, kamu akan memiliki kemampuan untuk menampilkan kemampuanmu sebagai seorang individu yang profesional dan dihargai di masyarakat.



5. Berpakaian rapi dan profesional


Mempersiapkan diri sebelum walk in interview adalah sangat penting. Berpakaian profesional adalah bagian penting dari persiapan ini. Salah satu cara terbaik untuk menunjukkan bahwa kamu benar-benar siap adalah dengan memilih pakaian yang tepat.


Pakaian yang sopan dan rapi adalah yang terbaik. Pakaian yang longgar dan panjang, baju yang terlalu ketat, atau berbagai penampilan segar yang sinis adalah hal yang harus dihindari di ruang interview.

Sepatu hitam yang rapi dan tas hadir dalam warna gelap juga membantu membuat penampilan jauh lebih profesional. Perhatikan lagi pakaian, aksesori, dan hairstyling kamu, sehingga kamu siap untuk wawancara.


Dengan cara ini, kamu memberi pesan bahwa kamu tertarik dengan posisi kamu dan siap untuk bersaing.



6. Bersikap sportif dan terlihat sopan dan modern


Kita semua pernah menghadapi situasi di mana kita dihadapkan untuk menjaga etika, kesopanan dan sikap sportif. Pikiran yang positif dan pola berpikir yang konstruktif selalu menjadi pilihan yang paling baik, dan dengan mengembangkan sikap sportif ini, kita dapat memastikan bahwa kita terlihat baik kepada orang lain.


Dengan memiliki sikap sportif, kita dapat mencapai kesepahaman bersama yang akan membantu kita menjelaskan pendapat kita dengan jelas dan sopan. Selain itu, sikap sportif juga dapat memberikan kita pengalaman yang manis dan indah dengan orang lain, yang akan membuat kita terlihat modern.

Dengan demikian, kita dapat menjadi bagian dari masyarakat yang cerdas, sopan, dan beradab.



Penutup 


Siapapun yang tertarik untuk menghadapi walk in interview haruslah bersiap dengan matang.

Maka dari itu, hal yang perlu diperhatikan yaitu memahami informasi mengenai pekerjaan tersebut, membuat profil yang sesuai dengan lowongan pekerjaan, mempersiapkan diri dengan melakukan persiapan interview dengan baik, dan berpakaian sesuai dengan kode etik.


Dengan mempersiapkan secara sempurna, para calon peserta bisa pastikan diri akan tampil professional dan memberikan jawaban atas pertanyaan yang akan diajukan oleh pihak interviewer. Akhir kata, jangan lupa untuk membawa semangat dan energi positif sebagai kunci utama untuk hadapi walk in interview dan sukses dalam meniti karir.



Share with your friends

Add your opinion
Disqus comments
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done