5 Cara Ampuh Cegah Penyakit pada Saat Musim Banjir - YUDA MUKTI BLOG
News Update
Loading...

Friday, May 5, 2023

5 Cara Ampuh Cegah Penyakit pada Saat Musim Banjir

Banjir ialah hal yang paling ditakutkan ketika musim hujan tiba, dan rupanya pada beberapa wilayah di Jakarta ini mulai terendam. Genangan air ini akan ada di mana-mana dan tentunya telah bercampur dengan kuman yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit pada tubuh kita, seperti penyakit kulit, diare, ISPA, hepatitis a, dan juga demam berdarah. Untuk itu kita perlu menjaga pola hidup kita agar tubuh senantiasa sehat dan prima disaat musim penghujan.


Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan sebagai upaya mencegah penyakit pada musim hujan atau banjir.

 

1. Rajin membersihkan diri

Tips yang bisa kamu lakukan untuk mencegah penyakit pada saat banjir yang pertama ialah dengan rajin membersihkan diri. Macam-macam penyakit kulit bisa datang kapan saja ketika tubuh terkena air yang kotor seperti genangan atau banjir dimana penyebabnya tak lain adalah kuman dari air kotor tersebut. Hal itu metal terjadi terhadap kulit begitu saja tanpa kita sadari, sehingga kamu perlu melakukan pencegahan dengan membersihkan diri secara rutin dan ketika sudah terlanjur terkena dengan air banjir ataupun genangan, maka segera gunakan air bersih sekaligus sabun antiseptik untuk mencuci area tubuh yang terkena air kotor. Apabila kamu sudah terkena penyakit kulit ataupun ruam pada kulit maka kamu tidak boleh mengabaikan ataupun meremehkan paparan dari air kotor pada tubuh dikarenakan bakteri serta mikroorganisme lainnya yang dapat menempel pada tubuh kita.


2. Menghindari air banjir

Cara untuk menghindari penyakit pada saat banjir yang selanjutnya ialah menghindari air banjir. Walaupun kelihatannya agak sulit dan hampir mustahil, ketika kamu mendapati banjir maka kamu perlu tetap berupaya sebisa mungkin untuk menghindarkan diri sendiri terkontak dengan air banjir serta genangan-genangan tersebut dan apabila memang harus keluar rumah maka kamu perlu memakai sepatu boot agar kaki tidak terkena dengan air banjir dan tentunya setelah itu pastikanlah kamu menggunakan sabun untuk mencuci bersih tangan dan juga kakimu.

 

3. Mengonsumsi air bersih

Cara yang bisa kamu lakukan untuk menghindari penyakit pada saat banjir yang selanjutnya ialah dengan mengonsumsi air bersih di mana air hujan dan banjir pada beberapa wilayah ini dapat memungkinkan bagi warga setempat untuk sulit menemukan air bersih dari tanah. Kamu perlu untuk mengusahakan agar tetap meminum air bersih serta menggunakan air bersih pula untuk memasak ataupun mandi agar bahaya kesehatan ini dapat terhindarkan.

 

4. Mendapatkan vaksinasi hepatitis A

Dikarenakan paparan dari air banjir dapat meningkatkan risiko terkena Hepatitis A maka sebagai salah satu cara pencegahan kamu bisa memperoleh vaksinasi hepatitis A dan tentunya langkah ini merupakan pencegahan yang perlu dilakukan jauh jauh hari dari sebelum musim hujan dan banjir. Vaksinasi ini dapat dipertimbangkan oleh orang-orang yang terkhususnya tinggal di wilayah dengan risiko banjir yang tinggi dengan tingkat interaksi dengan air yang tinggi.

 

5. Menyemprotkan obat anti hama

Cara untuk menghindari penyakit pada saat musim banjir atau hujan yang selanjutnya ialah dengan menyemprotkan obat anti hama. Penyemprotan dengan insektisida atau obat anti hama yang sejenisnya ini bisa saja dicoba untuk digunakan dengan menyemprotkan pada lingkungan rumah agar mampu untuk memberantas penyebab demam berdarah dan juga malaria. Genangan air pada lingkungan sekitar kita ini dapat menjadi tempat yang berkembang biak nyamuk, maka kamu perlu untuk mencegah dengan benar.

 

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghindari penyakit pada saat musim banjir ataupun hujan. Dengan melakukan beberapa tips diatas dapat membantu kamu untuk terhindar dari bahaya penyakit disaat hujan atau musim banjir. Semoga bermanfaat!!

Share with your friends

Add your opinion
Disqus comments
Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done